• Breaking News

    Sekilas Sejarah Kerajaan Tondon Di Makale


    Kerajaan Tondon merupakan salah satu kerajaan yang ada di Tana Toraja. Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui mengenai sejarah Kerajaan Tondon. Kerajaan Tondon ini merupakan salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Makale, Tana Toraja.
    Kerajaan Tondon ini ada sejak pada zaman belanda. Pemimpin dari Kerajaan Tondon biasa disebut Raja Pa’paelean. Sedangkan wilayah dari kekuasaan yang ada di Kerajaan Tondon biasa dikenal dengan Tongkanan A’pa. Wilayah dari Kerajaan Tondon ini meliputi Bulo, Buntu Tondon, Lallangan, dan Mamulu.
    Asal Usul Kerajaan Tondon
    Menurut cerita sejarah yang ada, pada era kemerdekaan Kerajaan Tondon ini berada di Kota Makale. Namun karena terjadinya tuntutan pembangunan yang ada di daerah tersebut maka wilayah pemerintahan yang ada di Kerajaan Tondon mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
    Kerajaan Tondon ini pernah menjadi satu dengan Kelurahan Manggau yang pada saat itu dikepalai oleh seorang Puang Taruk Kalua’. Setelah Puang Taruk Kalua’ turun dari pemerintahan maka digantikan oleh Alexander Laso’. Wilayah Kerajaan Tondon pada saat bergabung dengan Kalurahan Manggau meliputi Tondon, Lamunan, Kamali Pentalluan, Tampo, Manggasa’, Tondon Mamullu, Manggau , Santung, Botang, dan Ariang.
    Pada tahun 2003, Tondon Mamullu pun mengalami sebuah perubahan lagi. Tondon Mamullu menyatu dengan pemerintahan Lembang.
    Hal ini mereka lakukan guna untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada serta demi kelancaran pelayanan yang diberikan kepada masyarakat nantinya. Kelurahan Bombongan pun menjadi tujuan selanjutnya yang akan mengalami pemekaran wilayah yang pada saat itu dikepalai oleh kepala Lembang persiapan yang dipimpin oleh bapak C.T Tandingan.
    Akhirnya pada tahun 2005, telah berubah menjadi sebuah pemerintahan kelurahan Tondon Mamullu yang dikepalai oleh Y.R Tandililing. Y.R  Tandililing mengepali Tondon Mamullu sampai pada bulan april tahun 2010. Karena Y.R Tandiling dirasa cukup berhasil dalam mengepalai Kalurahan Tendon Mamullu pada saat itu maka pemerintahan Tana Toraja pun menggeser kedudukan Y.R Tandililing ke jabatan yang lebih tinggi. Maka pada tanggal 8 mei 2010 Paulus Pakau, S.Ip dilantik menjadi pejabat baru yang menggantikan Y.R tandililing.
    Tondon mamullu atau yang lebih kita kenal dengan Tongkanan A’pa sebelum mengalami pemekaran wilayah, wilayahnya dikepalai oleh seorang kepala kampong. Dalam menetapkan kepala kampong yang akan memimpin wilayah tersebut maka rakyat Tondon Mamullu pun selalu mengadakan musyawarah mufakat demi mencari kepala kampong yang dapat menjalankan dan memimpin Tendon Mamullu. Merea menetapkan serta memilih kepala kampong yang ada berdasarkan dengan kebutuhan yang mereka perlukan.
    Banyak nama-nama kepala kampong yang telah menduduki jabatan tersebut sejak pada zaman belanda dimana masih adanya Kerajaan Tondon hingga Tondon Mamullu mengalami sebuah perubahan menjadi sebuah desa persiapan Tondon mamullu.
    Demikianlah paparan mengenai sejarah Kerajaan Tondon yang dapat kami ulas. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahun bagi kita semua.

    sumber;internet